Minawisata Bahari (Tawaran Konsep Pembangunan di Muna)


Muna merupakan salah satu Kabupaten Kepulauan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah ini memiliki wilayah laut yang lebih luas ketimbang wilayah daratannya. Atas kondisi ini, cukup bijak jika sektor kelautan dan perikanan dijadikan sebagai salah satu prioritas program pembanguan untuk mensejahterakan masyarakatnya.

mina-wisata

Merujuk Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, salah satu program pembangunan yang bisa digalakkan oleh Pemerinth Kabupaten Muna adalah program MINAWISATA.

Minawisata (mina = perikanan, wisata = pariwisata) adalah pendekatan pengelolaan terpadu yang berbasis konservasi dengan menitikberatkan pada pengembangan perikanan dan pariwisata bahari.

Minawisata juga dapat didefinisikan sebagai pengembangan kegiatan perekonomian masyarakat dan wilayah yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan, perikanan dan pariwisata secara terintegrasi pada wilayah tertentu.

Terdapat empat item aktivitas pada kegiatan minawisata yaitu (1) wisata mina, (2) wisata konservasi dan pendidikan lingkungan, (3) wisata bahari, dan (3) wisata kuliner.

Wisata mina berbasis perikanan dan kombinasinya dapat berupa pengembangan wisata budidiaya laut seperti melihat proses budidaya ikan, memberi makan ikan dan memanen ikan.

Wisata konservasi dapat berupa ekowisata mangrove dan pendidikan konservasi.

Wisata bahari dapat berupa diving, wisata fotografi bawah air, berenang, snorkeling, olahraga pantai, dan festival pantai.

Sementara wisata kuliner mencakup makanan produk perikanan, mengamati dan praktek membuat makanan olahan dari ikan, rumput laut dan buah mangrove seperti kerupuk ikan, manisan rumput laut, otak-otak, abon ikan, dan beragam makanan dari buah mangrove.

Selain empat item tersebut, mina wisata juga dapat berupa pengembangan pulau-pulau kecil yang dipadukan dengan pariwisata supaya dapat memberikan manfaat pada masyarakat sekitar. Konkretnya, program mina wisata merupakan perpaduan antara perikanan dan pariwisata. =la ode muhammad ramadan=

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s