Raja Muna III -La Mbona Gelar Sugi Ambona ( 1477 – 1497 )



Sugi Ambona adalah Raja Muna ke-3. Sugi Ambona menjadi Raja Muna selama 20 tahun ( 1477-1497 ). Sugi Ambona adalah salah satu dari empat raja Muna yang bergelar Sugi.Bahkan sugi Ambona merupakan Raja Muna Pertama yang bergelar Sugi tersebut.  Belum ada yang mengungkap apakah Sugi Ambona atau tiga Sugi lainnya berasal dari satu garis keturunan ataupun berasal dari garis keturunan Raja Muna I Bheteno ne Tombula I atau bukan. Dari penelusuran penulis baik pada  sejarah yang telah ditulis  terdahulu atau tradisi lisan masyarakat Muna serta silsilah Raja-Raja Muna dan Buton tidak satupun yang mengungkap lebih mendalam mengenai asal mula garis keturunan gelar sugi di Kerajaan Muna dan mengapa mereka bergelar Sugi.Selama dua puluh tahun pemerintahannya, Sugi Ambona tidak banyak melakuka perubahan signifikan dalam pemerintahannya.

Sugi Ambona mengakhiri masa kekuasaannya di Kerajaan Muna setelah  mangkat pada tahun 1497. Setelah itu dia digantikan oleh Sugi Patani  sebagai Raja Muna IV.

2 tanggapan untuk “Raja Muna III -La Mbona Gelar Sugi Ambona ( 1477 – 1497 )

  1. dalam catatan J.Couvrer. Sugi Ambano adalah ptra Koghua Bangkano yang menikah dengan cucu mieno wamelai. jadi gelar sugi berakhir pada sugi manuru dan gelar Omputo KIno Wuna dimulai pada La kilaponto (Murhum) yang artinya Tuan Semua Kino di MUna, itulah Gelar Asli masyarakat muna yang sangant mengakar dari budaya terdahulu

    Suka

Silakan berkomentar dengan santun

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.