Diantara Sifat yang Sebaiknya Dimiliki Pemuda di Tanah Muna


Masa depan Kabupaten Muna tergantung kepada generasi muda saat ini. Perjalanan baik buruknya Kabupaten Muna dimasa datang ditentukan oleh baik buruknya para pemuda Muna saat ini. Jika pemuda Muna saat ini baik, maka ke depan keadaan Kabupaten Muna akan lebih baik lagi.

Demi mewujudkan Muna yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang, Pemuda Muna saat ini setidaknya harus memiliki sikap, sifat dan perilaku yang baik. Diantara sikap, sifat dan perilaku yang baik itu adalah jujur, adil, dermawan, amanah, sabar, pemaaf dan ramah.

JUJUR

Jujur adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan oleh hati, diucapkan oleh lisan atau mulut dan digambarkan  dalam perbuatan.

jujur 1

Bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari akan dapat mewujudkan kehidupan yang bahagia, aman, tenteram, tenang, mendatangkan simpati dan rasa percaya diri.

ADIL

Adil merupakan sikap yang bebas dari diskriminasi dan ketidakjujuran. Adil juga dapat dimaknai sebagai upaya meletakkan sesuatu pada tempatnya, tidak memihak ke salah satu pihak, bersikap proporsional, dan memihak kepada yang benar tanpa mengikuti kehendak hawa nafsu pribadi.

Dalam kehidupan sehari-hari, upaya yang dapat dilakukan untuk berlaku adil adalah beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Beranjak dari keimanan dan ketaqwaan ini lalu kita dapat memberikan rasa keadilan kepada orang lain, mulai dari keluarga, teman, tetangga, hingga pada tingkatan yang lebih tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

jujur adil

Contoh perilaku yang dapat mewujudkan sikap adil adalah menghargai dan menghormati orang lain; memberikan dan menghormati hak-hak orang lain seperti tidak merokok di samping orang yang tidak merokok; menghormati orang yang sedang berbicara dengan cara mendengarkannya; tidak menyakiti diri sendiri, tidak mabuk-mabukan, tidak narkoba; tidak suka menyiksa hewan, tidak mengadu hewan; serta tidak merusak lingkungan sekitar.

Jika dalam kehidupan sehari-hari dapat beraku adil, maka hikmah yang akan diperoleh adalah disegani dan dipercaya oleh masyarakat; terwujudnya kenyamanan dan keamanan masyarakat; terciptanya ketentraman dalam kehidupan masyarakat; serta eratnya tali persaudaraan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

DERMAWAN

Dermawan adalah sikap tengah antara boros dan kikir. Dermawan adalah memberikan harta dengan senang hati sesuai kepantasannya dengan tanpa mengharap imbalan dari yang diberi. Imbalan yang dimaksud adalah imbalan berupa pujian, balasan, kedudukan, ataupun sekedar ucapan terima kasih. Jadi seseorang disebut dermawan jika memberi secara tulus ikhlas.

Orang yang memberi karena ingin balasan dari pihak yang diberi bukanlah dermawan tapi disebut berdagang. Sebab ia seolah-olah membeli balasan berupa pujian, kedudukan, ucapan terima kasih dan lainnya dengan hartanya.

Demikian juga tidaklah disebut dermawan orang yang bisa memberi barang yang lebih baik, akan tetapi memilihkan barang yang kualitasnya buruk, atau memberikan barang yang lebih baik tapi dengan hati yang terpaksa.

AMANAH

Amanah adalah  menyampaikan hak apa saja kepada pemiliknya, tidak mengambil sesuatu melebihi haknya dan tidak mengurangi hak orang lain, baik berupa harga maupun jasa. Dalam ajaran Islam, terdapat empat macam amanah yang wajib dilaksanakan dengan baik. Keempat amanah tersebut adalah :

(Pertama) amanah manusia terhadap Tuhan (Allah SWT), yaitu semua ketentuan Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dipelihara berupa melaksanakan semua perintah Allah SWT dan meninggalkan semua larangan-Nya. Termasuk di dalamnya menggunakan semua potensi dan anggota tubuh untuk hal-hal yang bermanfaat serta mengakui bahwa semua itu berasal dari Allah SWT.

(Kedua) amanah manusia kepada orang lain, diantaranya mengembalikan titipan kepada yang mempunyainya, tidak menipu dan berlaku curang, menjaga rahasia dan semisalnya yang merupakan kewajiban terhadap keluarga, kerabat dan manusia secara keseluruhan.

Termasuk pada jenis amanah ini adalah pemimpin berlaku adil terhadap masyarakatnya, ulama berlaku adil terhadap orang-orang awam dengan memberi petunjuk kepada mereka untuk memiliki itikad yang benar, memberi motivasi untuk beramal yang memberi manfaat kepada mereka di dunia dan akhirat, memberikan pendidikan yang baik, menyuruh berusaha yang halal serta memberikan nasihat-nasihat yang dapat memperkokoh keimanan agar terhindar dari segala kejelekan dan dosa serta mencintai kebenaran dan kebaikan.

Amanah dalam kategori ini juga adalah seorang suami berlaku adil terhadap istrinya berupa salah satu pihak pasangan suami-istri tidak menyebarkan rahasia pasangannya, terutama rahasia yang bersifat khusus yaitu hubungan suami istri.

(Ketiga) amanah manusia terhadap dirinya sendiri, yaitu berbuat sesuatu yang terbaik dan bermanfaat bagi dirinya baik dalam urusan agama maupun urusan dunia, serta tidak pernah melakukan hal yang membahayakan dirinya di dunia dan akhirat.

(Keempat) Amanah terhadap lingkungan. Amanah terhadap lingkungan hidup berupa memakmurkan dan melestarikan lingkungan, tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

Eksploitasi terhadap kekayaan alam secara berlebihan tanpa memperhatikan dampak negatifnya yang berakibat rusaknya ekosistem, ilegal logging, ilegal fishing dan pemburuan binatang secara liar merupakan sikap tidak amanah terhadap lingkungan yang berakibat terjadinya berbagai bentuk bencana alam seperti gempa bumi, longsor dan banjir serta bencana lainnya yang mempunyai dampak rusak bahkan musnahnya tatanan sosial kehidupan manusia. 

SABAR

Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

jujur sabar

Sabar mencakup dua aspek yakni (pertama) aspek jasadiah, seperti menanggung kesukaran dengan badan dan tetap bertahan atas yang demikian. Dan ini ada kalanya dengan perbuatan, seperti mengerjakan perbuatan-perbuatan yang sukar, baik itu dari perbuatan-perbuatan ibadan maupun yang bukan ibadah. Adakalanya dengan penanggungan seperti sabar dari pukulan keras, sakit parah dan luka-luka besar. Kemudian aspek (kedua) adalah terkait dengan nafsu syahwat perut dan kemaluan.

Kalau sabar itu pada musibah, maka disingkatkan saja atas nama sabar, lawannya adalah gelisah dan keluh kesah. Kalau sabar itu dari kekayaan dinamakan mengekang diri, lawannya dinamakan sombong dengan kesenangan (al-bathar). Kalau sabar pada peperangan dinamakan berani, lawannya pengecut. Kalau sabar itu dalam menahan amarah dinamakan lemah lembut, lawannya ialah at-tadzammur (pengutukan diri kepada yang sudah hilang). Kalau sabar itu pada suatu pergantian masa yang membosankan maka dinamakan lapang dada, lawannya mangkal hati dan sempit dada. Kalau sabar itu pada menahan diri dari kehidupan dunia maka dinamakan zuhud, lawannya rakus.

PEMAAF

Pemaaf adalah orang yang rela memberi maaf kepada orang lain. Sikap pemaaf berarti sikap suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalasnya.

jujur pemaaf

RAMAH

Ramah berarti baik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya; suka bergaul dalam batas-batas yang dibolehkan dalam ajaran Islam sehingga pergaulannya menjadi menyenangkan dan tidak menimbulkan fitnah dan/atau dosa.*

LA ODE MUHAMMAD RAMADAN

ramadan........lm

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.