Degradasi Moral Generasi Muda di Witeno Wuna


Degradasi moral merupakan suatu fenomena adanya kemerosotan atas budi pekerti seseorang maupun sekelompok orang.

degradasi moral1

Kemerosotan budi pekerti atau moral ini hampir mencakup seluruh aspek kehidupan, mulai dari tutur kata, tata krama hingga cara berpakaian.

Di Kabupaten Muna yang dikenal cukup kental dengan tradisi dan budaya kehidupanya, juga mulai menunjukkan geliat degradasi moral cukup akut.

Sejumlah fenomena yang telah menunjukan terjadinya degradasi moral ditanah Muna adalah :

  1. Budaya hedonisme yang tinggi. Banyak dari remaja yang bermukim di tanah Muna saat ini lebih suka jalan-jalan dengan perilaku konsumtif, ketimbang berdiam diri di rumah untuk belajar atau menggunakan waktu luangnya untuk belajar hal-hal yang positif.
  1. Pola berpakaian yang semakin minim. Sudah menjadi hal biasa dan sering kita jumpai dikalangan remaja Muna yang menggunakan pakaian serba minim. Seakan-akan budaya memakai pakaian minim yang lebih menonjolkan bagian lekuk tubuh sudah dianggap lumrah, padahal pola berpakaian seperti itu merupakan hal yang tabu dikalangan masyarakat Muna.
  1. Menurunnya sikap sopan santun terhadap orang lain. Budaya leluhur orang Muna yang sangat memegang budaya sopan santun antar satu sama lain terutama dengan orang yang lebih tua dari kita haruslah tetap dilestarikan. Buadaya tersebut dapat membatasi diri ktia dari perbuatan semena-mena antar satu sama lain dan kita bisa lebih menghargai pendapat orang lain.

Namun saat ini banyak remaja yang sudah tidak terlalu memperdulikan hal tersebut. Contohnya saja, saat ada remaja berjalan melewati orang tua sedang duduk, tak jaring kita menemukan bahwa sebagian dari remaja tidak menundukan badan ataupun kepala saat berjalan. Bahkan ada beberapa yang tidak menoleh sedikitpun terhadap apa yang dilewatinya.

degradasi moral2

  1. Penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi. Di Kabupaten Muna sepertinya menjadi salah satu lokasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang tumbuh subur. Hampir setiap hari kita disuguhkan dengan pemberitaan penangkapan oknum-oknum yang menyalahgunakan narkoba. Diantara yang ditangkap tersebut, tidak jarang usia mereka masih remaja. Disinyalir juga jika sejumlah anak usia sekolah sudah menjadi target peredaran narkoba.
  1. Konsumsi Minuman memabukkan. Pesta miras yang dilakukan oleh pemuda generasi penerus di Kabupaten Muna sudah kerap dilakukan. Tidak jarang pesta miras ini berujung dengan pertikaian atau perkelahian akibat pengaruh alkohol yang dikonsumsi.
  1. Kenakalan remaja dan sex bebas mulai menggeliat.

Degradasi moral sungguh telah terjadi di tanah Muna. Hal ini harus mendapat perhatian khusus dari seluruh elemen di Kabupaten Muna.*

La Ode Muhammad Ramadan

ramadan.....lm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s