KABAWO, Antara Sebuah Gunung dan Nama Wilayah Administratif Kecamatan


Kabawo merupakan salah satu kata dalam bahasa daerah Muna yang berarti gunung.

10 Gunung Paling Populer Di Sulawesi Tengah

Secara harfiah, Kabawo merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Di Kabupaten Muna, Kabawo juga merupakan nama salah satu wilayah administratif kecamatan, yakni Kecamatan Kabawo.

Masyarakat yang berada di Kecamatan Kabawo secara harfiah merupakan masyarakat yang berada di tempat tertinggi karena menempati bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Beranjak dari retorika pemaknaan sebuah kata, Kabawo merupakan salah satu daerah yang tidak boleh dipandang sebelah mata oleh Pemerintah Kabupaten Muna. Daerah ini memiliki potensi disektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Jika dikelola dengan baik, daerah ini dapat menjadi salah satu lumbung pangan bagi masyarakat Kabupaten Muna.

Kabawo memiliki 12 desa/kelurahan dengan luas wilayah mencapai 204,94 kilometer persegi. Penduduk yang menghuni daerah ini mencapai 13.063 jiwa (2.778 rumah tangga).

Di Kecamatan Kabawo terdapat 611 hektar sawah dan 18.558 hektar lahan pertanian dalam arti luas (termasuk perikanan budidaya).

Hasil bumi yang menjadi mata pencaharian masyarakat Kecamatan Kabawo meliputi perkebunan kelapa seluas 86 hektar dengan produksi 45 ton pertahun, perkebunan jambu mete seluas 2 ribu hektar dengan produksi 1.500 ton pertahun, dan perkebunan kakao seluas 360 hektar dengan produksi 50 ton pertahun.

Selain itu, produksi perikanan tangkap di kecamatan Kabawo mencapai 1.300 ton pertahun, produksi perikanan budidaya tambak mencapai 800 ton pertahun, serta produksi budidaya rumput laut mencapai 7 ribu ton pertahun.

IMG_0005

Kecamatan Kabawo butuh keberpihakan kebijakan dan program pembangunan, khususnya terkait sektor ketersediaan pangan bagi masyarakat Kabupaten Muna. Keberpihakan pemerintah daerah ini menjadi penting demimenghindari stigma bahwa Pemerintah Kabupaten Muna tidak hanya fokus pada sektor pariwisata dan infrastruktur jalan, namun Kabupaten Muna harus bergerak maju dalam segala aspek kehidupan,termasuk sektor pertanian, perkebunan, perikanan, sumberdaya manusia, penataan birokrasi yang baik (the righ man on the right job, the right man on the righ place) dan lain-lainya.

La Ode Muhammad Ramadan

IMG_0004

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s