Mendukung Program MAI TE WUNA


MAI TE WUNA merupakan salah satu kalimat yang bermakna ajakan untuk datang dan berkunjung ke tanah Muna. Kalimat ini digaungkan oleh pemerintah Kabupaten Muna sebagai salah satu upaya mendukung kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Muna.

......utk2

Sekilas, program MAI TE WUNA ini terlihat simpel dan sederhana. Namun jika dikaji dengan seksama, program ini sepertinya cukup paripurna dan harus melibatkan banyak elemen yang ada di Kabupaten Muna.

Sebagai orang Muna, kita harus meyakini bahwa program ini bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat Muna. Kita harus pahami bahwa program ini merupakan satu dari sekian banyak program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Muna yang nantinya akan bermuara pada sebuah kalimat ‘KESEJAHTERAAN’.

.....utk4

Tentunya kesejahteraan yang dimaksud adalah kesejahteraan yang akan dinikmati dan dirasakan bersama oleh seluruh elemen di tanah Muna, bukan kesejahteraan kelompok atau golongan tertentu saja.

Beranjak dari analisis dampak atau hasil yang akan dirasakan/diperoleh dari program MAI TE WUNA, kita sewajarnya mendukung program tersebut. Sejumlah langkah tepat yang mesti kita lakukan sebagai orang Muna adalah :

  1. Meningkatkan promosi berbagai objek wisata, baik dalam bentuk buku panduan wisata Kabupaten Muna ataupun dengan melakukan promosi melalui media massa.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas di objek wisata yang ada di tanah Muna.
  3. Menjaga keasrian dan kelestarian objek wisata.
  4. Menjaga keamanan dan kenyamanan objek wisata agar para wisatawan merasa betah dan aman selama tinggal di daerah objek wisata yang ada di Kabupaten Muna.
  5. Mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang berhubungan dengan kepariwisataan untuk mencetak tenaga terdidik dan terlatih dalam bidang pariwisata.
  6. Meningkatkan prasarana dan sarana transportasi yang memperlancar perjalanan menuju lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Muna.
  7. Meningkatkan kualitas cinderamata yang akan dibeli oleh para wisatawan.
  8. Memasyarakatkan program Sapta Pesona Pariwisata, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan (kesan) baik yang berhubungan dengan kesan tentang berbagai hal yang terdapat di objek wisata maupun berhubungan dengan cinderamata yang khas.

Selain tempat berwisata, keanekaragaman tradisi, adat istiadat dan budaya lokal yang berkembang di Kabupaten Muna juga harus dijaga kelestarianya karena hal tersebut menjadi aset dan potensi daerah ini dalam bidang pariwisata.

.....utk1

Untuk itu diperlukan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat Muna guna mewujudkan program MAI TE WUNA. Indikator keberhasilan program ini adalah meningkatnya jumlah wisatawan yang datang dan berkunjung di tanah Muna. Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ini nantinya akan menjadikan Kabupaten Muna sebagai daerah yang memiliki penghasilan tambahan dari sektor non migas, yakni sektor pariwisata.*

Penulis : La Ode Muhammad Ramadan

ramadan............

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.