UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA MUNA


Budaya merupakan warisan dari leluhur atau nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Budaya terbentuk dari tradisi atau kebiasaan atau sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat.

......,Ramadan

Demi menjamin kelestarian budaya Muna yang kita cintai, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yakni :

  1. Kenali Budaya Muna

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya Muna. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengenali budaya Muna. Dengan mengenal budaya Muna, paham apa saja budaya yang diwariskan nenek moyang masyarakat Suku Muna, akan lebih mudah untuk melestarikan budaya Muna karena telah benar-benar memahami dan mengerti bagaimana cara untuk menjaga budaya Muna tersebut.

Dalam hal ini, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mengenali budaya Muna yakni :

a. Mencari Tahu Tentang Budaya Muna

Jika belum benar-benar memahami budaya Muna, maka hal yang harus dilakukan ialah mencari tahu berbagai macam informasi yang berhubungan dengan budaya Muna. Informasi terkait budaya Muna dapat diperoleh dari bermacam-macam literatur seperti buku atau bisa juga melalui surat kabar. Apalagi, saat ini, banyak literatur yang membahas mengenai budaya dan kebudayaan sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai budaya Muna.

Selain dari literatur cetak, dapat pula mempelajari tentang budaya Muna melalui internet. Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat karena pengaruh globalisasi, hal itu akan menjadi langkah mudah untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai budaya Muna.

b. Mengikuti Kegiatan Budaya Muna

Langkah selanjutnya untuk dapat mengenal budaya Muna setelah mempelajari tentang budaya tersebut adalah mengikuti kegiatan budaya Muna. Jika mengikuti kegiatan budaya Muna, maka akan memunculkan perasaan cinta terhadap budaya Muna tersebut. Dalam mengikuti kegiatan budaya Muna, sebaiknya terlibat langsung di dalam kegiatan tersebut, sebab jika hanya mengikuti kegiatan budaya sebatas sebagai penonton atau peserta saja, maka tidak akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan.

c. Bergabung dalam Komunitas Budaya Muna

Jika ingin mengenal budaya Muna, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan bergabung dalam komunitas budaya Muna yang ada seperti Komunitas Rumah Hijau Indonesia Kabupaten Muna. Dalam komunitas tersebut akan didapatkan cukup informasi terkait budaya Muna karena dalam sebuah komunitas selalu ada tokoh kebudayaan yang berkunjung untuk menambah pengetahuan anggota komunitas, termasuk adanya diskusi-diskusi diantara sesama anggota komunitas terkait budaya Muna.

 

  1. Mengajarkan Budaya Muna Kepada Orang Lain

Setelah mengenal betul budaya Muna, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar semakin banyak orang yang mengenal budaya Muna tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan tempat tingal dan/atau mengajar di sekolah.

a. Mengajar di sekitar lingkungan tempat tinggal

Untuk melakukan hal ini, dapat dibuka sebuah kelas khusus budaya. Dalam kelas ini, sebaiknya siswa yang bergabung adalah anak-anak sampai remaja, sebab rentang umur tersebut sangat mudah terpengaruh dengan budaya asing yang bersifat merusak.

Dapat diamati bahwa saat ini semakin banyak anak-anak dan remaja yang tidak tahu tentang budaya Muna. Mereka justru lebih bangga apabila mereka mengikuti budaya asing yang belum tentu baik untuk mereka. Bahkan, mereka nampak tidak peduli apabila budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka punah. Hal ini sangat miris sebab budaya yang seharusnya mereka cintai dan lestarikan justru menjadi budaya yang tidak diperhatikan.

Oleh karena itu, generasi muda harus bisa memberikan sebuah hal yang baik untuk mereka agar mereka lebih mengenal dan mencintai budaya Muna. Memang, untuk mewujudkan semua hal ini tidaklah mudah jika dilakukan sendiri. Untuk itu diperlukan kerja sama dengan para pihak, utamanya kelompok-kelompok pemuda yang peduli dengan kelestarian budaya.

b. Mengajar di sekolah

Selain membuka kelas budaya di sekitar lingkungan tempat tingal, mengajarkan budaya Muna kepada orang lain dapat pula dilakukan dengan mengajar anak-anak sekolah. Dalam hal ini, yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan menjadi salah satu staf pengajar seni budaya atau aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler budaya di sekolah.

Beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang biasanya mengenalkan siswa terhadap kebudayaan adalah teater, musik, dan seni lukis. Mengajarkan budaya Muna kepada siswa di sekolah merupakan kontribusi cukup besar dalam melestarikan budaya Muna kepada generasi muda yang nantinya akan mengemban tugas untuk terus menjaga budaya tersebut.

 

  1. Memperkenalkan Budaya Muna ke Luar Negeri

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk terus melestarikan budaya Muna adalah dengan memperkenalkan budaya Muna ke luar negeri. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup sulit. Namun sebenarnya hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan, apalagi dengan adanya berbagai teknologi canggih saat ini. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan jika hendak  memperkenalkan budaya Muna ke luar negeri, seperti :

a. Memposting Kesenian Lokal Muna di Media Sosial

Di era modern ini, makin banyak orang yang mengenal internet dan media sosial. Melalui media sosial yang menghubungkan seluruh orang di dunia inilah dapat diperkenalkan budaya Muna kepada orang luar.

b. Mengenakan Produk Budaya Lokal Muna di Luar Negeri

Selain melalui media sosial, misi memperkenalkan budaya Muna ke luar negeri juga dapat dilakukan jika sedang berada di luar negeri. Memakai produk hasil budaya lokal seperti memakai sarung tenun Masalili saat berada di luar negeri, merupakan salah satu upaya konkret dalam memperkenalkan budaya Muna ke dunia luar.

c. Mengekspor Barang Hasil Kesenian Budaya Muna

Promosi budaya keluar negeri juga dapat dilakukan dengan menjual dan mengembangkan usaha produk budaya Muna hingga ke pasar mancanegara. Jika hal itu telah tercapai, maka produk budaya Muna dapat diekspor ke luar negeri.

 

  1. Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Untuk terus melestarikan budaya Muna, hal yang harus dilakukan adalah berusaha untuk tidak mudah terperngaruh dengan budaya asing. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada era globalisasi ini, budaya asing sangatlah mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat. Dengan asumsi bahwa budaya asing tersebut lebih modern, gaul, dan tidak kampungan, banyak masyarakat yang telah meninggalkan budaya lokal mereka. Maka tidak jarang jika sekarang banyak orang tidak tahu atau paham dengan budaya mereka sendiri.

Agar budaya lokal Muna ini tidak punah, maka harus ada prinsip agar tidak mudah terpengaruh budaya asing. Untuk mewujukdan hal itu, dapat dilakukan beberapa cara dan upaya antara lain :

a. Menjadikan Budaya Muna Sebagai Identitas

Menjadikan budaya Muna sebagai identitas maksudnya ialah adanya rasa bangga terhadap budaya Muna. Menjadikan budaya sebagai identitas memanglah tidak mudah. Apalagi saat ini, banyak orang yang berfikir bahwa budaya daerah merupakan budaya yang sudah ketinggalan jaman. Tentu saja, harus ada banyak usaha yang harus dilakukan.

b. Memilah Kebudayaan Asing

Hal kedua yang dapat dilakukan agar tidak terpengaruh budaya asing adalah dengan memilah dan memilih kebudayaan asing yang masuk. Tidak semua kebudayaan asing memberikan dampak positif terhadap budaya Muna. Maka dari itu, harus diteliti dan dicermati sebelum mengadopsi budaya asing yang datang.

Salah satu contoh budaya asing yang dapat diadopsi karena bernilai positif adalah budaya kerja keras. Hal ini akan memberikan dorongan positif untuk lebih bekerja keras dalam mencapai cita-cita dan juga bekerja keras untuk melestarikan budaya Muna.

Selain hal-hal tersebut, kita juga dapat melakukan upaya culture experience dan culture knowledge dalam melestarikan budaya Muna.

Culture experience merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara terjun langsung. Seperti contoh masyarakat dianjurkan mempelajari tarian daerah dengan baik agar dalam setiap tahunnya tarian ini dapat ditampilkan dan diperkenalkan pada khalayak. Dengan demikian selain dapat melestarikan budaya, kita juga dapat memperkenalkan kebudayaan Muna pada orang banyak.

Sementara culture knowladge merupakan pelestarian budaya dengan cara membuat pusat informasi kebudayaan sehingga mempermudah seseorang untuk mencari tahu tentang kebudayaan Muna. Cara ini dapat menjadi sarana edukasi bagi para pelajar dan dapat pula menjadi sarana wisata bagi para wisatawan yang ingin mencari tahu serta ingin berkunjung ke Muna dengan mendapatkan informasi dari pusat informasi kebudayaan tersebut.

Dari penjelasan yang telah dibahas diatas, dapat diketahui bahwa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sekaligus melestarikan budaya Muna adalah dengan mengenali budaya Muna melalui bacaan, mengikuti acara-acara kebudayaan, dan bergabung dalam komunitas budaya. Selanjutnya dengan mengajarkan budaya Muna kepada anak-anak dan remaja sebagai generasi muda yang akan mengemban tugas untuk menjaga budaya Muna di masa mendatang. Selain itu, memperkenalkan budaya Muna kepada orang luar negeri menjadi langkah selanjutnya untuk menjaga budaya Muna agar tidak punah, dan terakhir adalah tidak mudah terperngaruh budaya asing yang bisa membuat budaya Muna dilupakan. Dengan cara-cara tersebut, budaya Muna tidak akan mudah dilupakan dan akan terus terjaga.

Penulis : La Ode Muhammad Ramadan

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.