Pentingnya Melestarikan Budaya Muna


Muna merupakan salah satu suku di negeri tercinta Indonesia ini yang memiliki aneka macam budaya. Budaya Muna cukup berragam, namun ironisnya tidak sedikit dari generasi penerus, utamanya pemuda yang seakan tidak perduli dan terkesan mengabaikan budaya kita sendiri.

 

IMG_0001

Di era globalisasi ini, budaya-budaya barat sangat mudah masuk di daerah kita. Budaya ini tumbuh dan berkembang dengan pesat. Kita, selaku generasi muda lebih menyukai akan budaya ini ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih percaya diri dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat.

Dapat dilihat bahwa saat ini semakin banyak anak-anak dan remaja yang tidak tahu tentang budaya mereka. Mereka justru lebih bangga apabila mereka mengikuti budaya asing yang belum tentu baik untuk mereka. Bahkan, mereka nampak tidak peduli apabila budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka punah. Tentu saja hal ini sangat miris sebab budaya yang seharusnya mereka cintai dan lestarikan justru menjadi budaya yang tidak diperhatikan.

Kondisi ini jika dibiarkan akan menggerus budaya kita. Pada saatnya nanti, budaya kita di tanah Muna perlahan-lahan akan sirna tergerus budaya asing. Akibatnya kita akan kehilangan jati diri sebagai MIENO WUNA.

Maka dari itu, pedulilah terhadap budaya kita, budaya Muna. kita harus bangga menjadi orang Muna. Bangga akan budaya Muna yang beragam. Ini budayaku, Muna. Sekarang nasib budaya Muna ada di tangan kita, para pemuda. Jadi berilah yang terbaik bagi budaya Kita, budaya Muna.

Selain fenomena akan sirnanya nilai-nilai budaya Muna di masyarakat, hal lain yang mendasari pentingnya upaya melestarikan budaya Muna adalah :

  1. Budaya Muna merupakan warisan leluhur yang tidak ternilai harganya.
  2. Budaya Muna memiliki keterkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia/masyarakat Muna. Dalam konteks ini berhubungan dengan perwujudan dari budaya tersebut yang menghasilkan perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata seperti peralatan hidup, seni dan lain-lain.
  3. Budaya Muna mempengaruhi tingkat pengetahuan manusia/masyarakat Muna.
  4. Budaya Muna mempengaruhi perilaku manusia/masyarakat Muna.

Penulis : La Ode Muhammad Ramadan

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.