Kalambe Wuna Nokofeeli Nemetaano


Kalambe Wuna Nokofeeli Nemetaano merupakan bahasa daerah Muna yang maknanya adalah Gadis Muna berperangai baik. Makna perangai baik bagi seorang gadis Muna sejatinya memiliki banyak kriteria.

ramadan.....b

Menurut hemat penulis, kriteria Kalambe Wuna Nokofeeli Nemetaano adalah jika ia mampu menjaga pandangannya serta mampu mencerminkan prinsip-prinsip dan falsafah kehidupan orang Muna, khususnya terkait dengan tegaknya ajaran agama Islam yang tertuang dalam falsafah Hansuru hansuru badha sumano kono hansuru liwu, Hansuru hansuru ana liwu sumano kono hansuru adhati, Hansuru hansuru ana adhati, sumano tangka agama.

Jika menerjemahkan falsafah hidup orang Muna, maka Kalambe Wuna Nokofeeli Nemetaano setidaknya memiliki kriteria-kriteria antara lain :

  1. Memanifestasikan rukun Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Pencipta. Menggunakan make up (bedak) dari basuhan air wudhu dan memakai lipstik dzikir kepada Allah SWT.
  2. Menutup aurat.
  3. Menjaga pandangan dari pria yang bukan muhrimnya.
  4. Senantiasa menjaga tutur kata agar bermakna hanya untuk kebaikan.
  5. Murah senyum dalam artia yang proporsional. Tidak setiap laki-laki yang dijumpai diberi senyum manis, tetapi senyum yang dimaksud adalah senyum yang bernilai ibadah yang tidak menimbulkan fitnah.
  6. Pintar dalam bergaul dan pandai memilih teman yang membawa pada kebaikan. Kalambe Wuna menyadari bahwa melalui pergaulan yang baik, ilmu akan bertambah dan wawasan semakin luas. Ia selalu mengambil hikmah dari setiap orang yang ia temui.
  7. Saat mendapat kekurangan dalam dirinya, ia sikapi dengan belajar memperbaiki diri. Ia sadar akan kelebihan dan kekurangannya yang membuatnya tetap bersyukur dan tidak kufur nikmat.
  8. Apabila ia seorang anak, ia akan patuh kepada orang tuanya selama dalam kebaikan, bukan patuh pada hal-hal yang merugikan atau menjerumuskan hidupnya.
  9. Kalambe Wuna sejatinya mengajak kepada kebaikan.
  10. Apabila Kalambe Wuna sudah menjadi seorang ibu, ia akan mendidik anaknya untuk taat pada Allah dan Rasul, mengajarkan tentang aqidah yang benar dan menanamkan akhlakul karimah pada anaknya.
  11. Kalambe Wuna harus bisa bersabar atas ujian dan persoalan hidup, karena baginya ujian adalah tarbiyah untuk membentuk pribadi yang tangguh.

Penulis : La Ode Muhammad Ramadan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s