Makna DOPANDEHAO WUTO dari Salah Satu Prinsip Hidup Orang Muna


DOPANDEHAO WUTO (mengenal diri/tahu diri) merupakan salah satu Feeli (prinsip hidup) masyarakat Muna dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

ramadan.....,

Dikalangan orang Muna asli, DOPANDEHAO WUTO merupakan salah satu ‘undang-undang’ perilaku yang wajib diikuti.

Mengenal diri sendiri atau tahu diri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting, namun terkadang sulit dilakukan.

Dalam kehidupan nyata, mengenal diri sesungguhnya merupakan pesan moral yang bertujuan untuk mewujudkan kebahagiaan dan ketentraman hidup manusia.

Secara gamblang, langkah untuk mengenal diri sendiri adalah dengan mengetahui bahawa diri itu tersusun dari bentuk-bentuk zahir (yang disebut badan atau jasad) dan bentuk-bentuk bathin (yang disebut qalbu atau jiwa). Hal ini memiliki makna mendalam jika dikaji secara cermat.

Pastinya, hidup tanpa mengenal diri selalu membawa manusia pada jalan yang dangkal. Artinya, orang yang tidak tahu diri itu belum mampu memposisikan dirinya serta tidak dapat melihat apa yang ada pada akal, jiwa dan pikirannya secara serasi, seimbang, dan sesuai.

Mengetahui diri sendiri itu penting karena dengan hal itu manusia bisa mengukur kemampuan dirinya, mengetahui kekurangan atau kelebihan, serta menyadari kapasitas dirinya.

Tahu diri akan menuntun manusia untuk tidak sok bisa, tidak sok merasa paling hebat ditengah kemampuan yang pas-pasan.

Tahu diri juga akan membimbing manusia untuk mengenal posisi dimana manusia itu berada, tahu dimana harus berbuat, kapan harus bertindak, dan tahu kapan harus diam.

Tahu diri/mengenal diri itu pernting karena salah satu akibat jika tidak tahu diri adalah lahirnya sosok-sosok manusia yang merasa paling benar, tidak tahu malu, dan sombong.

Penulis : La Ode Muhammad Ramadan

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.