M O T O N U N O


Motonuno merupakan permandian air tawar (sungai) yang terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna.

Sungai yang bermuara di lautan ini memiliki jarak dari ibukota Kabupaten Muna di Raha sekitar 10 kilometer.

img_0007

Akses jalan menuju ke lokasi objek wisata ini sudah cukup baik yakni jalan beraspal dengan lebar berkisar antara 3-4 meter.

Permandian ini cukup unik, yakni terletak di kaki sebuh bukit. Di atas bukit tersebut terdapat gua yang didalamnya terdapat danau yang airnya kerap mengalami perubahan warna.

Danau di dalam gua tersebut, menurut penuturan sejumlah warga sekitar, merupakan danau keramat. Air danau tersebut merupakan sumber mata air Motonuno dan menyebar ke berbagai lokasi melalui jalur bawah tanah.

Konon kabarnya, aliran air danau dari gua tersebut berhubungan dengan gua lainya yang didalamnya terdapat air danau.

img_0008

Salah satu danau gua yang berhubungan dengan air danau di gua Motonuno adalah danau di gua Lamaeyo yang letaknya di Desa Lagadi, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat.

Konon kabarnya, benda terapung seperti pikulan kayu yang dihanyutkan di gua Motonuno, setelah tujuh hari kemudian, benda tersebut sudah ditemukan di danau gua Lamaeyo.

Sisi lain dari sungai Motonuno adalah kedalaman airnya. Pada salah satu titik yakni di kaki bukit yang letaknya tepat di bawah gua, memiliki kedalaman hingga puluhan meter.

Penuturan beberapa warga sekitar menyebutkan bahwa suatu hari pernah dilakukan pengukuran dengan menggunakan tali dan pemberat batu. Titik yang diukur kedalamanya adalah dibagian kaki bukit di bawah gua tersebut.

Saat dilakukan pengukuran, pemberat batu yang ditenggelamkan, dirasakan tidak pernah menyentuh dasar sungai, padahal panjang tali yang diulurkan sudah menacapai 40 meter.

Hal lain yang terdapat di permandian Motonuno adalah adanya hal aneh yang terjadi setiap malam jumat. Sejumlah warga mengaku kerap mendengar suara gong dan gendang ditabuh dari dalam gua pada setiap malam jumat.

Motonuno unik dan mistik. Perlu penelusuran lebih mendalam, khsusunya terkait kedalaman serta suara tabuhan gong dan gendang. Mungkin juga perlu peyediaan fasilitas dan infrastruktur pendukung sebuah kawasan wisata.

Beberapa keunikan dan mistik di Motonuno ini dapat dijadikan salah satu materi/bahan promosi wisata bagi pemerintah daerah dan instansi teknis terkait untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut.

la ode muhammad ramadan

Laode ramadan

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.