PULAU KOGHOLIFANO, KABUPATEN MUNA


Pulau Kogholifano merupakan desa pulau yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Pasir Putih. Pulau yang memiliki luas sekitar 151 hektar atau 1,51 kilometer persegi dengan panjang garis pantai mencapai 5,50 kilometer itu, memiliki 2 (dua) dusun dan 4 (empat) RT.

Pantai dan Perumahan

Penduduk yang bermukim di pulau yang terletak pada 04o58’305” LS dan 122o47’256” BT itu mencapai 893 jiwa, terdiri dari 450 jiwa perempuan, 389 jiwa laki-laki, dan tergabung dalam 180 rumah tangga (data tahun 2014).

Pulau Kogholifano memiliki ciri-ciri fisik berbentuk elips yang memanjang dari Barat ke Timur yang memiliki ketinggian daratan 2 – 9 meter di atas permukaan laut, dan kondisi pantai sebagian besar berbatu.

Sarana infrastruktur yang terdapat di Pulau Kogholifano meliputi Mesjid sebanyak 2 buah; SD dan SMP satu atap; Dermaga 2 buah; Balai Desa 1 buah; Pustu 1 unit; Pasar desa/pasar tradisional 1 unit.

Sumber air bersih diperoleh masyarakat dari Desa Pola dan Mata Indaha. Pada tahun 2012, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memberikan bantuan mesin disalinasi air laut di pulau tersebut, namun kondisinya saat ini rusak.

Sementara untuk penerangan listrik berasal dari Listrik Tenaga Surya (LTS) sebanyak 34 unit (bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Muna) dan listrik desa melalui program PNPM untuk 133 KK yang dimulai pada tahun 2010.

Mata pencaharian utama penduduk Desa Kogholifano, Pulau Kogholifano terdiri atas : Bidang perikanan sebagai nelayan dengan alat tangkap pukat dan pancing rawai; Bidang pertanian dan perkebunan; Bidang jasa pertukangan.

Penduduk Pulau Kogholifano didominasi oleh Suku Muna yang seluruhnya beragama Islam.**la ode muhammad ramadan**

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s