PULAU RENDA, KABUPATEN MUNA


Pulau Renda merupakan wilayah administrasi Desa Renda, Kecamatan Towea. Luas desa pulau ini mencapai 159,6 hektar atau 1,596 kilometer persegi. Jumlah penduduk berdasarkan hasil pendataan tahun 2014 mencapai 407 jiwa yang terdiri dari 212 jiwa penduduk wanita dan 195 jiwa penduduk pria dengan 121 rumah tangga.

Renda 3a

Pulau yang terletak pada koordinat 04°34,329′ lintang selatan – 122°40,574′ bujur timur dan didiami sejak tahun 1970-an oleh Suku Bajo dan Muna ini, memiliki garis pantai sepanjang 7,57 kilometer. Bahasa Bajo merupakan bahasa sehari-hari masyarakatnya karena pulau ini didominasi oleh Suku Bajo.

Ciri-ciri fisik pulau kecil ini antara lain terdapat hutan mangrove yang didominasi oleh species Rhizopora mucronata, Aegiceras floridum dan Bruguiera ghymnorrhiza. Selain itu, ketinggian daratan Pulau Renda berkisar antara 1-3 meter di atas permukaan laut dengan karakteristik pantai landai dan berpasir putih. Pulau ini juga dikelilingi oleh ekosistem terumbu karang dengan kondisi yang kian memprihatinkan (rusak).

Pulau Renda memiliki potensi pengembangan yang layak untuk budidaya kerapu dalam karamba (karamba jaring tancap dan karamba jaring apung), budidaya teripang dan budidaya rumput laut.
Sarana dan prasarana yang terdapat di Pulau Renda meliputi sarana ibadah berupa 1 buah Mesjid; 3 unit sekolah, 1 buah dermaga; balai desa; dan 1 unit Puskesmas/Pustu.

Pulau Renda yang seluruh penduduknya beragama Islam ini memiliki jarak 34,25 kilometer dari ibukota Kabupaten Muna di Raha, dan sekitar 5,25 kilometer dari daratan Tampo.**la ode muhammad ramadan**

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s