18 Ribu Buruh Di Sultra Akan mendapatkan Rumah Bersubsidi


Mataharinews.com, Konawe  –  Puluhan ribu buruh di Sulawesi Tenggara ( Sultra ) sedang ketimban untung. Pasalnya dalam waktu dekat  Kementrian Perumahan Rakyat ( Kemepera ) akan membangunkan 18 ribu rumah type 45 dengan harga bersubsidi. Rumah –rumah yang pembeliannya dengan cara dicicil  selama 15 tahun tersebut diperuntukan bagi para buruh yang tergabung dalam Federasi  Sarekat Buruh Demokrasi Indonesia ( FSBDI )  yang tersebar di 12 kabupaten kota di Sultra.

Hal tersebut di sampaikan Ketua FSBDI Kabupaten Konawe Drs. Abdul Malik Pagala, M.Si  pada jurnalis Mataharinews.com ( 7/12). Menurutnya proyek pengadaan rumah bagi para buruh tersebut merupakan bantuan dari Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) kepada FSBDI melalui  Kemepera. Sebagai pilot proyek bantuantersebut  kata mantan Kepala Dinas  Perhubungan  Kabupaten Konawe itu,   DPP FSBDI mempercayakan pelaksanaannya pada DPD FSBDI Sultra.

“ Saat ini pembicaraan di tingkat DPP telah tuntas. Bahkan telah ditunjuk kontraktor pelaksananya, yaitu PT. Salsabila Pusat Kolaka Utara “ cetusnya.

Malik juga menjelaskan,  para buruh di Kabupaten Konawe mendapatkan jatah 1500 buah rumah dari 18 ribu yang menjadi jatah para buruh di Sutra. Sisanya dibagi ke 11 kabupaten/kota di Sultra secara proposional berdasarkan jumlah buruh di masing-masing kabupaten/kota.

“ Proyek pengadaan rumah  bersubsidi bagi buruh ini berbeda dengan pengadaan rumah murah bagi masyarakat miskin. Perbedaan itu berdasarkan sumber pendanaan dan system perencanaannya” jelas Malik.

Kalau pengadaan rumah murah murah bagi masyarakat miskin lanjut Malik, pendanaaannya bersember dari APBN, sedangkan pengadaan  rumah bersubsidi bagi buruh pendanaannya murni bantuan dari ILO. Sedangkan Kemenpera hanya berperan sebagai fasilitator. Pelaksana di lapangan mulai dari perencanaan sampai pengawasannya sepenuhnya dilaksanakan oleh DPC FSBDI.

Malik juga menjelaskan khusus di Kabupaten Konawe proyek ini akan dilounching oleh Bupati Konawe  Lukman Abunawas pada pertengahan bulan Januari ini.

“ Saya tidak tahu di daerah lain, tapi  kalau di Konawe lounchingnya akan dilakukan pada pertengahan bulan ini oleh Bupati Konawe “ Pungkas Malik. (MA)

Iklan

Silakan berkomentar dengan santun

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.