Eksploitasi Tambang PT. BIS Di Blok Buso Ancam Ketersediaan Air Bersih Warga Kota Baubau


Mataharinews.com, Baubau – Gelombang penolakan warga Baubau Propinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra ) terhadap keberadaan PT. Bumi Inti Sulawesi ( PT. BIS ) , salah satu perusahaan pertambangan nikel di Blok Bungi Sorawolio ( Buso ) Kota Baubau Sultra terus saja mengalir.

Bila sebelumnya aksi penolakan dilakukan oleh Walhi Sultra, LBH Buton Raya serta Masyarakat yang bermukim disekitar Buso, hari ini Rabu ( 19/12 ) giliran LBH Baubau menunjukan sikap penolakan nya dengan melakukan aksi unjuk rasa damai di gedung DPRD Kota Baubau.

Dibepan wakil Rakyat Kota Baubau, belasan aktivis LBH Baubau yang dipimpin langsung ketuanya L a Ode Nuriadin terus menyuarakan alasan penolakan mereka terhadap keberadaan PT BIS di blok Buso, serta meminta dukungan dari DPRD dalam bentuk rekomendasi penghentian operasional PT.BIS di blok tersebut.

Abdul Rahman, salah seorang orator dalam aksi unjuk rasa tersebut mengatakan, keberadaan PT BIS di di blok Buso, selain merusak lingkungan serta terindikasi keluarnya Ijin Usaha Pertambangan ( IUP ) nya terjadi unsur penyuapan yang melibatkan Walikota Baubau Amirul Tamim, juga akan berakibat pada shilangnya ketersediaan air bersi warga Kota Baubau.

“ Operasional PT.BIS di blok Buso harus dihentikan sekarang juga. Sebab kalau tidak, masyarakat Kota Baubau akan terancam kekurangan air bersih “ teriak Rahman dalam orasinya di depan ruang sidang paripurna DPRD Kota Baubau.

Blok Buso, wilayah konsesi PT. BIS saat ini lanjut Rahman, merupakan lokasi sumber air bersih 90 % warga Kota Baubau yang dikelola oleh PDAM Kabupaten buton. Kalau PT. BIS terus dibiarkan melakukan eksploitasi di wilayah tersebut , maka dapat dipastikan sumber air bersih PDAM akan mengalami kekeringan. Dan kalau itu terjadi, maka 90% warga kota pelanggan PDAM Buton akan mengalami krisis air bersih.

Sementara itu ketua LBH Baubau La Ode Nuriadin mengungkapkan, kedatangan mereka di gedung DPRD hari ini bukan mempersoalkan legal tidaknya keberadaan PT. BIS di blok tersebut, tetapi sebagai ungkapan keprihatinan lembaga mereka terhadap masalah yang akan dihadapi masyarakat Kota Baubau bila perusahaan tambang tersebut terus dibiarkan melakukan eksploitasi.

“ Semua juga tahu kalau Blok Buso merupakan sumber utama air bersih warga Kota Baubau. Jadi tuntutan kami untuk menghentikan seluruh opeasiona PT.BIS bukan masalah legal atau tidaknya keberadaan PT. BIS di blok tersebut, tetapi menyangkut hajat hidup mayoritas masyarakat Kota Baubau “ cetus ketua LBH Baubau La Ode Nuriadin dalam orasinya.

Menurut Nuriadin, kedatangan mereka di gedung DPRD untuk meminta dukungan wakil rakyat Kota Baubau, karena lebih pada memperjuangkan nasib lebih dari 160 ribu lebih warga kota yang bakal mengalami krisis air bersih bila perusahaan tersebut di blok Buso. Jadi kata nya, tidak ada lagi yang perlu dinegosiasikan dalam dalam persoalan ini.

Kedatangan mereka di gedung DPRD lanjutnya, guna mendesak waki rakyat untuk segera mengeluarkan rekomendasi penghentian seluruh operasional PT. BIS di blok Buso sebagai wujud keberpihakan anggota dewan terhadap rakyat yang diwakilinya.

“ Kami ingin tahu seberapa besar kepekaan anggota dewan terhadap masalah yang dihadapi masyarakat yang diwakilinya. Kalau anggota dewan benar-benar berpihak pada rakyat, maka mereka harus mendukung tuntutan kami ini dengan membentuk pansus yang kemudian menelorkan rekomendasi mendesak Pemkot untuk menghentian operasional PT. BIS.” cetus Nuriadin .

Selain melakukan orasi, masa pengunjuk rasa juga menggelar spanduk putih bertuliskan ‘ Tolak PT, BIS di Blok Bungi Sorawolio ‘ untuk ditandatangani oleh anggota dewan sebagai wujud dukungan mereka. Namun sampai aksi berakhir sekitar pukul 14.00 hanya satu anggota dewan yang berkenang membubuhkan tanda tangannya yaitu La Ode Ahmad Moniase, S.Pd yang juga ketua DPC PDI-P Kota Baubau.

“ Itu adalah bentuk dukungan saya secara pribadi dan kelembagaan partai terhadap aksi ini. Sebab dari fakta empiris tidak ada satu wilayah atau daerah pun di dunia ini yang masyarakatnya sejahtera dengan adanya perusahaan tambang “ cetusnya, ketika ditanya alasan mengapa dia membubuhkan tanda tangannya di spanduk tersebut.(MA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s