Pilkada Gub Sultra di Baubau BM Amirul Ungguli NUSA


Mataharinews.com, Baubau – Perseteruan antara kandidat di Pemilu Kada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara yang digelar hari ini ( 4/11 ) terjadi persaingan sangat ketat diantara kandidat . Dari data yang didapat jurnalis media ini, ditiap-tiap daerah pemilihan khususnya dimana kandidat berasal, mereka saling menunjukan pengaruhnya dengan memenangkan perolehan suara.

Di Baubau misalnya, dimana salah satu kandidat wakil Gubernur yakni Amirul Tamim yang saat ini sedang menjabat Walikta dan berpasangan dengan Buhari Matta Bupati Kolaka, berhasil memenangkan pemilihan dengan perolehan suara yang sangat signifikan yaitu diatas 65%. Pasangan Nur Alam – Saleh Lasata ( NUSA ) hanya bisa memperoleh suara 24%, sedangkan Ridwan-Haerul Saleh ( Arbae ) memperoleh suara 11% dari total 106.000 suara di Kota Baubau.

Kekalahan telak pasangan BM Amirul terhadap pasangan NUSA terbut, membuat timses BM Amirul merasa mempecundangi Cagub incumbent terebut. Pasalnya dalam kampanye akbar yag digelar pasangan NUSA di lapangan Lembah Hijau Baubau (30/10), NUSA begtu yakin akan memenangkan Pilgub kai ini satu utaran termasuk di Kota Baubau.

Ahmad Zain, salah seorang relawan BM Amirul mengatakan, kekalahan telak yag dilami NUSA di Baubau sebagai gambaran bahwa masyarakat Buton Raya sudah tidak menginginkan lagi NUSA menjadi pemimpin di Sultra. Sebab menurut Ama, begitu dia sering disapa, NUSA tdak saja kalah di Baubau tetapi di Wakatobi dan Buton pun NUSA kalah.

“ Secara umum, NUSA kalh di seluruh wilayah Buton Raya, namun perbedaan yag paling mencolok hanya di Kota Baubau” cetusnya.

Ama juga menjelaskn bahwa di Kabupaten Kolaka BM Amirul juga mengungguli perolehan suara NUSA. Namun besaran pastinya dia juga belum ketahui. Hal itu karena dia juga mendapatkan informasi itu dari salah seorng reknnya di Kolaka yang merupakan Timses BM Amirul.

Di Kabupaten Muna bendera Arbae berkibar. Informasi dari rekan jurnalis yang bertugas di Muna mengatakan, dari tiga kandidat yang bersaing dalam Pemiu Kada Gubernur, pasangan Arbae masih mengungguli dua pasangan lainnya. Sedangkan urutan kedua adalah NUSA dn menyusul BM Amirul. Kendati demikian, kata sumber tersebut, perbedaan perolehn sura antara NUSA dan BM Amirul tidak jauh berbeda.

Sementara itu, sumber Mataharinews.com mengatakan pasangan NUSA memenangkan perolehan suara di kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Di kedua daerah tersebut NUSA juga menunjukan gigi nya dengan mengalahkan kandidat lainnya dengan perolehan suara yang cukup signifikan. Sayangnya sumber tersebut tidak merincikan prosentase perolehan masing-masing kandidat dan seberapa jauh perbedaan suara mereka.

Sedangkan di daerah-daerah lain di sultra, mataharinews belum mendapatkan informasi. Namun menurut beberapa kalangan perolehan suara masing-masing kandidat tidak kan jauh berbeda. (MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s