Benteng Keraton Wolio Jadi Tempat Favorit Peserta Festival Kerajaan Nusantara


Mataharinews.com, Baubau- Benteng Keraton Wolio, peninggalan Kesultanan Buton yang terletak di Kota Baubau,menjadi tempat favorit bagi para peserta festival Keraton Nusantara, yang di gelar di kota Bau-bau 1-4 September 2012.

Seperti yang dilakukan oleh perwakilan dari Kerajaan Sopeng di Sulawesi Selatan Siang tadi (31/8). Mereka selain sekedar melihat- benteng, juga memanfaatkan untuk berfoto- foto dengan latar belakan benteng dan sunset.

Menurut Faisal pimpinan rombongan dari Kerajaan Sopeng tersebut, Kunjungan mereka di Beteng ini,selain menikmati Sunset juga melihat langsung berbagai keunikan yang dimiliki benteng ini.

” Banyak keunikan yang dimiliki benteng ini, yang tidak dimiliki oleh benteng lain di Nusantara” jelas Faisal.

Keunikan-keunikan itu jelas Faisal adalah tiang bendera yang terletak persis disamping masjid keraton. Selain itu keunikan lain yang dimiliki benteng ini adalah luasannya sehingga menjadi pemukiman yang mencapai dua kelurahan.

Selain keunikan-keunikan pada bentengnya sendiri, ada juga nuansa lain yang khas yan bekenaan dengan masalah religi, khususnya islam. Suana itu kata Faisal sangat terasa sekali ketika pelaksanaan shalat Jumat.

“Shalat Jumat di masjid kraton tadi siang tetasa berbeda karena nuansa tradisionalnya sangat terasa” cetusnya.

Nuansa tradisional yang dimaksud adalah ketika azan, dimana muazinnya berjumlah tujuh orang.

“Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan umat islam lazimnya” ujarnya. Oleh karena itu lanjutnya sehingga terasa sangat khikmat.

Sekedar informasi, Festival Keraton Nusantara tahun ini dipusatkan di Baubau Propinsi Sulawesi Tenggara dan diikuti oleh perwakilan keraton-keraton di Nusantara yang berjumlah 52 kerajaan dan Kesultanan.

Menurut Panitia, peserta terbesar beras dari Kesultanan Yogya yang mencapai 500 orang.

“Besarnya jumlah peserta dari Kesultanan Yogya tersebut karena mereka juga menyertakan tentaranya” Jelas Laode Muslimin, salah seorang panitia.(MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s