Di Bau-Bau Izin Amdal Tak Ada dari Pemkot, Proyek PLTU Jalan Terus


ataharinews.com, Baubau – Walaupun persiapan lahan PLTU di Kelurahan Kalia lia Kota Baubau berupa penggusuran tanah dan reklamasi pantai pengerjaannya sudah hampir rampung, namun ternyata proyek tersebut dapat dipastikan belum memiliki ijin kelayakan lingkungan dari Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Pemkot Baubaubau. Terkesan

 

Kepastian itu disampaikan oleh Kabag SDA Pemkot Baubau Mappidapi pada Mataharinews.com saat dikonfirmasi perihal proyek PLTU tersebut diruang kerjanya kemarin Kamis (28/6)..

Menurut Mappidapi, pemberian ijin kelayakan lingkungan terhadap sebuah proyek, sangat berkaitan erat dengan dokumen AMDAL. Apabila pelaksana proyek belum melakukan kajian AMDAL, maka ijin tersebut tidak akan pernah dikeluarkan.

Lebih jauh Mappaidapi menjelaskan, sesuai aturan, seharusnya sebuah proyek tidak bisa melakukan aktivitas apapun sebelum ada ijin kelayakan lingkungan

Ini sangat penting, sebab dalam dokumen AMDAL yang merupakan dasar dikeluarkannya ijin tersebut, memuat Rencana Kelola Lingkungan/Rencana pelestarian lingkungan ( RKL/RPL) yang harus dilakukan oleh pelaksana proyek. RKL/RPL tersebut bertujuan untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan akibat adanya suatu proyek pembangunan dalam jangka panjang

Menanggapi aktivitas proyek yang terus berjalan kendatipun belum memiliki ijin, Mappidapi seakan berat untuk menjawabnya. “Saya hanya tegaskan bahwa sampai hari ini, Bag. SDA belum mengeluarkan ini kelayakan lingkungan terhadap pelaksana proyek tersebut” jelasnya Mapidappi diplomatis.

Dilain Pihak, Kepala K2 Lingkungan PLN Baubau, Haris saat dikonfirmasi mengenai AMDAL Proyek PLTU tersebut(29/6), -kemabali menegaskan bahwa AMDAL proyek tersebut masi dalam proses tender yang dilakukan oleh PLN Regional Sulawesi di Makkasar.

“AMDAL nya masih dalam proses tender di Makkasar, Pak. Tolong dibantu” tegas Haris via pesan singkannya yang dikirim pada jurnalis Mataharinews.com

Sementa itu, Kepala BAPEDALDA Pemkot Baubau La Ode Maulana Gafur ketika hendak dimintai tanggapannya mengenai proyek PLTU tersebut tidak berada di tempat. Tidak kurang dari tiga kali Mataharinews.com menyambangi Kantor BAPEDALDA namun tidak juga berhasil bertemu dengan Kepala BAPEDALDA.

Sementara itu tidak ada satupun staf atau kepala bidang di kantor itu yang mau berkomentar mengenai AMDAL PLTU yang sampai saat ini belum juga ada.

” Maaf Pak, kami tidak berani memberikan statemen tentang itu (proyek PLTU-red). Kalau Bapak mau mendapatkan informasi yang jelas tunggu saja sapai Kepala Badan datang” jelas seorang ibi staf bidang pengendalian lingkungan yang enggan namanya di publikasikan. (MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s