Tinggi Angka Penderita ‘TBC’ Yang Berobat Di RSUD Baubau Sultra


Mataharinews.com, Baubau – Angka penderita Tuber Coleses (TBC) khusunya pasien anak yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau, Sulawesi Tenmggara (Sultra) cukup tinggi. Demikian dikatan Kepala RSUD Baubau dr.Aminuddin,Sp.A ketika dikonfirmasi di kantornya (8\5).

 

Menurut dokter spesialis anak ini, walau belum ada penelitian khusus mengenai jumlah penderita TBC, namun bila melihat dari banyaknya pasien yang berobat di RSUD setiap harinya khususnya pasien anak, maka kami dapat katakan bahwa penderi penyakit ini cukup banyak.

 

Banyaknya penderita TBC lanjut Aminuddin, umumnya disebabkan pola hidup masyarakat dan tidak disiplinnya mereka mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

” Masyarakat khususnya orang tua biasanya merasa bosan mengkonsumsi obat secara rutin selama enam bulan. Akibatnya penyakit mereka tidak kunjung sembut” jelas Aminuddin.

Aminuddin juga menjelaskan banyaknya pasien penderita TBC yang berobat di RSUD Baubau, tidak menggambarkan banyak masyarat Kota Baubau yang menderita penyakit ini. Alasannya masyarakat yang berobat di RSUD itu 60% berasal dari luar Kota Baubau seperti Kabupaten Buton,Bombana,Wakatobi dan Muna Bagian Selatan.

” Boleh Jadi mereka itu berasal dari daerah tersebut” tegasnya

Asumsinya, lanjut Aminuddin, untuk Kota Baubau pelayanan kesehatan sudah berada disekitar masyarakat. Jadi masyarakat Kota Baubau dalam mengakses pelayanan kesehatan tidak perlu lagi datang ke RSUD, tetapi dapat langsung ke pusat-pusat pelayanan kesehatan yang ada di sekitar mereka seperti puskemas dan pos-pos kesehatan terdekat. (MA)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s