Jalan Poros Raha – Wamengkoli Rusak, Gubernur Dinilai Hanya Janji-Janji


Mataharinews.com, Kendari – Jalam poros Raha – Wamengkoli sepanjang 108 KM, sampai saat ini kondisinya rusak parah. Jalan yang merupakan jalan Propinsi ini, terakhir di perbaiki pada tahun 1993, periode pertama Drs. La Ode Kaimuddin menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tebggara (SULTRA ).

Setelah itu, sampai terjadi pergantian gubernur sebanyak dua kali dan sampai akan berakhir masa pemerintahan Nur Alam ,SE sebagai Gubernur Sultra di akhir tahun ini (2012), jalan tersebut tidak juga diperbaiki.

Padahal Jalan Raha – Wamengkoli terebut merupakan urat nadi utama transportasi orang dan barang dari Kota Baubau, Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton menuju Kota Kendari Ibukota Sultra melalui darat.

Akibat tidak adanya sentuhan perbaikan hampir 20 tahun tersebut, kondisi jali tu lebih layak di sebut kolam terpanjang di dunia ketimbang jalan.

Istilah tersebut diberikan, sebab hampir sepanjang jalan itu mulai dari Wamengkoli Kabupaten Buton sampai Raha, Kabupaten Muna banyak dijumpai lubang-lubang raksasa mirip kolam. Hal itu semakin parah bila musim penghujan, dan lubang-lubang itu terisi air, dapat dijadikan tempat berenang bagi anak-anak.

Pada Agustus 2011, Gubernur Sultra Nur Alam, SE, ketika menjadi khatib shalat Idul Fitri di Alun-Alum Kota Raha pernah menjanjikan untuk segera memperbaiki jalan tersebut pada tahun 2012 ini.

Namun Sampai saat ini ( Mei 2012), janji Nur Alam tersebut, belum juga ada tanda-tanda untuk direalisasikan. Lubabg- lubang raksasa masi saja menghadang langka setiap pengguna jalan tersebut.

La Ode Amrin, SP, salah seorang warga Kabupaten Muna menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi yang belum juga memperbaiki jalan itu.

Amrin menganggap ada perlakukan disktiminatif Pemprov terhadap Kabupaten Muna. Alasannya kata Amrin, dari semua jalan Provinsi di Sultra, hanya jalan Raha-Wamengkoli saja yang belum mendapatkan sentuhan perbaikan.

Olehnya itu Amrin mendesak Pemprv Sultra dalam hal ini Nur Alam, SE sebagai gubernur, untuk segera merealisasikan janjinya untuk mengaspal jalan Raha – Wamengkoli paling lambat tahun 2012 ini.

Kalau tidak ancamnya, maka rakyat Muna akan menjawab sendir janji Nur Alam dengan tidak memilihnya kembali di Pemilu Kada 4 November 2012 nanti.

“Memang tuntutan ini terkesan pragmatis, tapi kalau melihat kerinduan masyarakat Muna terhadap jalan yang layak untuk di lalui maka tidak ada jalan lain kecuali masyarakat Muna segera mencari pemimpon baru yang mau merealisasikan itu” Cetus Amrin sedikit mengancam.

Sementara itu, Kasubdin Bina Marga Pemprov Sultra Ir. Venca Samuel T yang hendak dikonfirmasi (23/5) sedang tidak berada di kantornya.

Nenurut Indri salah seorang staf di kantor tersebut, Kasubdin sedang keluar daerah. “Bapak sedang keluar daerah selama dua minggu” jelas Indri, Rabu (23/5) menjawab pertanyaan wartawan mengenai keberadaan Ka Subdin Bina Marga. (MA)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s