Cemari Pantai. Proyek PLTU Di Baubau Belum Miliki AMDAL


Mataharinews.com, Baubau – Proyek pembagunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Kalia lia Kecamatan Lea lea Kota Baubau yang telah memasuki tahap persiapam lahan dan reklamasi pantai ternyata belum memiliki Dokumen AMDAL.

Padahal akibat aktifitas yang telah dilakukan oleh PT. Rahmat Agung, yang merupakan Sub kontraktor tiga perusahaan besar yakni PT. Sakri Mas, PT. Zibo Engba dan PT. Mega Eltra tersebut telah berdampak pada tercemarnya air laut di sepanjang pantai di desa Kalia lia sepanjang 300 meter serta terjadi sendimentasi.

Tercemarnya Pantai tersebut secara kasat mata dapat terlihat dari keruhnya air laut di sepanjang pantai akibat bercampurumpur dari tanah timbunan dan kegagalan panen rumput laut masyarakat yang di budi dayakan di sepanjang pantai tersebut.

Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Kota Baubau, Mappidapi saat di konfirmasi di ruang kerjanya (16/5) membenarkan kalau Proyek pembangunan PLTU tersebut belum memiliki dokumen AMDAL.

Menurutnya yang baru dimiliki proyek tersebut baru ijin pengadaan lahan. Sedangkan dokumen AMDAN dan ijin gangguan belum ada.

Sementara itu Kepala Bapedalda Kota Baubau, Drs. La Ode Mualana Gafur, M.Si yang hendak dikonfirmasi (16/5) sedang tidak berada ti tempat. Menurut stafnya, bos mereka sedang melakukan peninjaian lapangan.

Namun dari keterangan beberapa staf yang berhasil di korek terungkap bahwa benar Bapedalda Kota Baubau belum menerbitkan AMDAL terhadap proyek PLTU tersebut.

Masih menurut keterangan sumber itu, saat ini Bapedalda baru mendapatkan informasi kalau pihak proyek sedang melakukan pengkajian dokumen AMDAL di makassar Sulawesi Selatan.

“Dolumen AMDAL nya sedang di kaji di Makassar. Nanti setelah selesai, baru kita membentuk tim untuk peninkauan lapangan” cetus staf yang enggan jati dirinya di pubiis tersebut. (MA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s