Gara-gara Ical, Salat Jumat di Masjid Jami Malang Molor


Jumat, 19/08/2011 19:25 WIB
Muhammad Aminudin – detikNews

Malang – Ibadah salat Jumat di Masjid Jami Kota Malang, Jumat (19/8/2011) dimulai lebih siang dari biasanya. Takmir masjid menunda 15 menit permulaan ibadah salat Jumat karena menunggu kehadiran Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical. Ical mengawali roadshow di Malang Raya dengan agenda menggelar salat jumat di Masjid Jami yang berada di sebelah barat Alun-Alun Kota Malang itu. Namun, hingga salat berjamaah, petinggi partai berlambang Beringin itu belum juga hadir di tengah jamaah.

“Sesuai agenda memang Pak Aburizal datang dengan melaksanakan salat jumat, tapi tadi molor hingga salat selesai,” ujar Ketua Takmir Masjid Jami Malang Kamilun Muhtadin, Jumat (19/8/2011).

Kamilun mengaku sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan, Ical akan menunaikan salat Jumat di masjid tersebut. Namun, karena Ical tak kunjung datang, akhirnya ibadah salat Jumat terlambat dimulai. “Terpaksa kami olor, sambil menunggu beliau datang. Ya sekitar 15 menit,” aku dia.

Ia mengungkapkan, azan menandai dimulai salat Jumat harus diundur selama 5 menit dari jadwal yang ditentukan. Begitu juga khotbah Jumat. Meski sudah diundur, namun Ical belum tiba juga. Akhirnya, karena menunggu terlalu lama, takmir masjid pun memulai ibadah salat Jumat tanpa kehadiran Ical.

Begitu salat Jumat selesai, Ical juga belum tiba. Akhirnya, takmir melanjutkan agenda tambahan, yakni melaksanakan salat ghaib untuk para pahlawan, yang diteruskan dengan membaca zikir.

“Tadi kami olor dengan salat ghaib, usai salat Jumat. Karena masih juga belum datang, kami kemudian mengajak jamaah untuk membawa zikir. Untung di akhir pembacaan zikir, Pak Aburizal datang,” ujar Kamilun.

Ditanya terkait molornya kedatangan Ical, Kamilun dapat memahami, karena pesawat terbang yang ditumpangi Ical terlambat datang. Hal ini berakibat seluruh jadwal roadshow Ical, termasuk salat jumat di Masjid Jami Kota Malang tertunda. “Katanya pesawatnya molor dari jadwal, Pak Aburizal sendiri yang menyampaikan dan meminta maaf,” bebernya.

Untuk mengganti agenda yang tertunda, lanjut Kamilun, takmir kemudian mengajak Ical melihat langsung pembangunan masjid, serta sedikit tutur kata kepada jamaah yang hadir. “Kami langsung berinisiatif mengajak beliau melihat pembangunan, karena telat datang,” aku dia.

Kepada ulama serta takmir masjid, Ical secara terbuka menyampaikan permohonan maafnya. “Maaf tadi pesawat datang terlambat,” ujar Ical. Dalam kesempatan itu, Ical juga mengungkapkan, kedatangannya ke Kota Malang untuk bersilaturahmi, memanfaatkan momentum bulan puasa untuk saling mengasihi dan memaafkan.

Sebelum meninggalkan masjid jami, Ical sempat memberikan sumbangan untuk keberlanjutan pembangunan masjid bersejarah itu sebesar Rp 10 juta. Salat jumat digelar di Masjid Jami Kota Malang siang tadi diikuti oleh ribuan jamaah yang berjubel hingga areal luar masjid.

Ical bersama rombongan kemudian melanjutkan roadshow ke Pasar Tradisional Sukun, serta pembangunan kantor DPD Golkar Jalan Raya Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Sore hari Ical melanjutkan perjalanan menuju Kota Batu. Ical akan berada di Kota Apel ini hingga esok hari.

(gah/nrl)

 

Sumber : Detiknews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s