BKD Hanya Akui Biaya Leges



RAHA, KEPRES – Kepala BKD Muna, La Palaka, membantah jika pungutan liar (pungli) masih merajalela di kantornya. Yang diakui BKD, hanya biaya leges untuk pengurusan administrasi setiap urusan kepegawaian dengan biaya paling tinggi Rp 25 ribu. La Palaka menyebut itu sesuai Peraturan Daerah (Perda).

 

“Saya belum tau kalau ada informasi seperti itu (pungutan liar-red). Mungkin saja ada, tetapi tanpa sepengatahuan saya. Perlu ditelusuri kebenarannya,” kata Palaka, Senin (8/8).

 

Sebagaimana diberitakan sehari sebelumnya, Kelompok Kerja Untuk Transparansi Publik (Kritik), menemukan empat urusan kepegawaian di BKD Muna yang diduga memungut biaya administrasi dalam proses pengurusan.

 

Yakni biaya administrasi pengambilan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat bagi PNS golongan I, II dan III, sebesar Rp 50 ribu per orang, PNS golongan IV sebesar Rp 100 ribu orang.

 

Biaya adminstrasi pengambilan SK jabatan pegawai eselon III dan IV sebesar Rp 50 ribu per orang, biaya administrasi pengurusan SK 100 persen bagi PNS yang baru lulus seleksi CPNSD sebesar Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu per orang, dan biaya administrasi pengurusan kartu pegawai sebesar Rp 50 ribu per orang.

 

Menjawab itu, La Palaka mengatakan, pungutan seperti itu pada dasarnya susah dibuktikan. Biasanya, lanjut dia, atas dasar saling pengertian antara si pengurus berkas dan orang yang diurus berkasnya.

 

“Kalau seperti itu, sangat susah dibuktikan dan diberantas. Saya mau tindaki, tetapi tidak bisa juga, karena yang minta si PNS sendiri untuk cepat selesai urusan kepegawaiannya. Yang tidak benar, kalau oknum PNS BKD mematok hingga menyebut angka. Ini harus ditindaki,” paparnya.

 

“Tetapi informasi ini akan saya telusuri kebenaranya. Saya ingin buktikan, apakah benar informasi ini atau tidak. Tujuan saya menjadi Kepala BKD hanya untuk memberantas pungutan liar ini. Saya tidak memikirkan apapun. Gaji dan tunjangan cukup untuk hidup keluarga saya. Diluar itu, kalau ada yang halal, alhamdulillah,” tandasnya. R3/B/IIS

 

Sumber : Koran Kendari Ekspres

Tinggalkan Balasan

