jump to navigation

PROFIL KABUPATEN MUNA Agustus 5, 2009

Posted by Muhammad Alimuddin in Tak Berkategori.
Tags:
trackback

PROFIL KABUPATEN MUNA
A. Geografi
Kabupaten Muna adalah salah satu daerah otonom tingkat II dari 12 kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Tenggara.Socara geografis Kabupaten Muna terletak di jazirah Pulau Sulawesi ba-gian Tenggara yang meliputi sebagian pulau Buton bagian Utara ( 3 Kecamatan ) dan bagian Utara Pulau Muna ( 20 Kecamatan), serta pulau-pulau kecil disekitarnya atau berada pada posisi 4006’ samapi 5015’ lintang Selatan dan 12208’ – 123015’ bujur timur.
a.2. Batas Wilayah
Secara administrasi Kabupaten Muna berbatasan dengan Selat Tiworo dan Kabupaten Ko-nawe dan Konawe Selatan di Sebelahutara, Kabupaten Buton utara di sebelah Timur , Kabupaten Buton di Sebelah Selatan serta kabupaten Bombana dan Selat Spelman di Sebe-lah Barat. Jumalh Penduduk kabupaten Muna saat ini adalah 227.595 jiwa yang tersebar di 23 Kecamatan dan 237 Desa/ Kelurahan.
Luas daratan Kabupaten Muna adalah 4.887,00 Km2 yang terdiri dari sebagian pulau Buton Bagian Utara, Pulau Muna Bagian Utara dan Pulau-pulau di dekatnya yang tersebar, yaitu ; Pulau Tobea kecil, P. Tobea besar, P. Wataitonga, P. Bakealu, Kepulauan Tiworo ( P. Maginti, P. Balu, P.Katela, P.Mandike, P. Bero, P.Bango, P. Manoang, P.Gala, P.Kajoangin dan P. Tobuan).
a.3. Kondisi Tanah
Kondisi Geografis kabupaten Muna pada umumnya merupakan daratan rendah dengan ketinggian rata-rata kurang dar 100 meter dari permukaan laut. Keadaan ini dijumpai mulai dari Timur ke Selatan Kota Raha dan melanda kebarat. Pada bagian wilayah yang ada di bagian Utara Pulau Buton terdiri dari barisan pegunungan dengan ketinggian antara 300-800 meter diatas permukaan laut.
Pada umumnya wilayah Kabupaten Muna yang ada di Pulau Buton memiliki jenis tanah mediteran, rensina dan litosol. Sedangkan di wilayah Pulau Muna terdiri dari podsolik me-rah dan kuning.
Kabupaten Muna memiliki sungai yang cukup besar dan menurut hasil penelitian air yang besar pula yaitu; Sungai katangan dengan debit ait 670 liter/detik, S. Wandoso dengan de-bit air 689 liter/detik, S. Lanoumba 400 liter/detik dan S. Tabangka Balano 1.270 liter/detik.
Selain itu Kabupaten Muna juga masih memiliki Sungai besar lainya namun masih memer-lukan penelitian tehnis untuk mengetahui potensi yang dimilikinya yaitu ; Sungai Kambara,dan Sungai malogano.
a. 4 Oceanografi
Kabupaten Muna juga memiliki lautan yang cukup luas dengan potensi yang dikandungnya cukup besar namun belum terkelola dengan baik seperti ; 1) Ikan Pelagis Dengan potensi 40.000 Ton Terdapat Di Perairan Kec Tikep, Kulisusu Dan Bonegunu. Peluang investasi untuk komoditi ini adalah penangkapan ikan, cold storage dll. 2) Kepiting Bakau Dan Rajungan Dengan potensi 173,2 Ton Terdapat Di Pesisir Kecamatan Tikep, Parigi, Napabalano, Kulisusu Dan Wakorumba; peluang investasi untuk komoditi ini adalah industri makanan dan penangkapan. 3) Rumput Laut dengan potensi sebesar 87,5 ton ; Terdapat Di Pesisir Kecamatan Tikep, Parigi, Napabalano, Kulisusu Dan Wakorumba; peluang investasi yang dapat di kembangkan adalah untuk penangkaran Ikan Kerapu dengan potensi 5000 ton Terdapat Di Kecamatan Tikep Dan Parigi ; peluang investasi untuk penangkaran dan industri keraginan. 4). Tambak dengan potensi 105,53 ton (Total Lahan 20.00 Ha, Tersebar Di Kecamatan Katobu, Wakorumba, Maligano, Bone, Parigi Dan Kabangka – Luas Tambak Yang Sudah Terolah Saat Ini Sebesar 500 Ha ; peluang investasi adalah cold storage dan teknologi budidaya.

a. 5. Iklim
Kabupaten Muna pada umumnya beriklim tropis dengan suhu rata-rata antara 250C-270C dan seperti halnya daerah lain di Indonesia juga memiliki dua musim yaitu musin hujan dan musim kemarau. Musim hujan terjadi antara bulan Nopember – maret, dimana pada bula-bula tersebut angin bertiup benua asia dan samudera pasifik yang banyak mengandung uap air yang menyebabkan terjadi hujan di Indonesia. Sedangka musim kemarau terjadi antara bulan Mei- Oktober. Pada bulan ini angin bertiup dari Benua Australia yang sifatnya kering dan hanya sedikit mengandung uap air. Khusus Bulam Maret seperti daerah lain di Sulawesi tenggara di di Kabupaten Muna angin bertiup dengan arah yang tidak menentu, akibatnya curah hujan ikut tidak menentu dan keadaan ini di kenal dengan panca roba.
a. 6. Curah Hujan.
Curah Hujan di kabupaten Muna setiap tahun besarannya berfariasi antara 1.250 mm – 2.323 mm / tahun. Namun sejak tahun 2002 kondisinya semakin memburuk dan terjadi pe-rubahan yang sangat radikal disetiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari curah hujan pada tahun 2003 – 2008 yang tidak mencapai 1000mm/pertahun. Kondis ini diprediksi akibat ke-rusakan hutan yang terjadi secar besar-besaran selama masa pemerintahan Ridwan sebagai Bupati Muna.

B. Penduduk dan Tenaga Kerja
Angkatan kerja di kabupaten muna mencapai 195.592 Jiwa dari 227.595 jiwa penduduk.
Pencari Kerja : 5.845 Jiwa

C. Kondisi social
D. Potensi
A. Sub Sector Tanaman Pangan Dan Perkebunan
1. Jambu Mete : Produksi Buah Sejati 9.272 Ton, Buah Semu 37.088 Ton ; Kulit Mete 3.100 Ton. Peluang Investasi Untuk Sector Ini Adalah Kacang Mete, Juice Dan Minyak Laka (CNSL). Bagi petani, menanam jambu mete lumayan menguntungkan ketimbang bergantung pada hasil padi. Harga biji mete gelondongan saat ini Rp. 6.500 – Rp. 7.000 per kilogram, lebih rendah disbanding mete kupas Rp. 25.000 – Rp. 30.000 per kilogram.
2. Kakao (10.000 Ha – Produksi 2815 Ton/Tahun)
3. Jagung : Produksi Jagung Pipilan Sebesar 34.054 Ton Dan Peluang Investasi Untuk Komoditi Ini Adalah Tepung Maizena, Pakan Ternak Dan Lain-Lain.(30.000 Ha – Produksi 34.054 Ton/Tahun)
4. Ubi Kayu : Produksi Ubi Basah Sebesar 25.065 Ton, Peluang Investasi Untuk Komoditi Ini Adalah Tepung Tapioka, Gaplek Dll (15.000.Ha – Produksi 25.065 Ton/Tahun)
5. Kacang Tanah : Lahan Seluas 15.000 Ha – Produksi 4.848 Ton/Tahun ; Peluang Investasi Untuk Komoditi Ini Adalah Kacang Garing, Kacang Atom Dll
6. Jeruk Siam

B. Sub Sector Peternakan
1. Sapi Potong :Populasi 24.861 Ekor – Produksi 4.075 Ekor Atau 14 % Per Tahun ; Peluang Investasi Untuk Komoditi Ini Adalah Penangkaran Dan Penggemukan]

C. Sub Sector Perikanan
1. Ikan Pelagis Dengan potensi 40.000 Ton Terdapat Di Perairan Kec Tikep, Kulisusu Dan Bonegunu. Peluang investasi untuk komoditi ini adalah penangkapan ikan, cold storage dll.
2. Kepiting Bakau Dan Rajungan Dengan potensi 173,2 Ton Terdapat Di Pesisir Kecamatan Tikep, Parigi, Napabalano, Kulisusu Dan Wakorumba; peluang investasi untuk komoditi ini adalah industri makanan dan penangkapan
3. Rumput Laut dengan potensi sebesar 87,5 ton ; Terdapat Di Pesisir Kecamatan Tikep, Parigi, Napabalano, Kulisusu Dan Wakorumba; peluang investasi yang dapat di kembangkan adalah untuk penangkaran
4. Ikan Kerapu dengan potensi 5000 ton Terdapat Di Kecamatan Tikep Dan Parigi ; peluang investasi untuk penangkaran dan industri keraginan
5. Tamba dengan potensi 105,53 ton (Total Lahan 20.00 Ha, Tersebar Di Kecamatan Katobu, Wakorumba, Maligano, Bone, Parigi Dan Kabangka – Luas Tambak Yang Sudah Terolah Saat Ini Sebesar 500 Ha ; peluang investasi adalah cold storage dan teknologi budidaya.

D. Sub Sektor Kehutanan
1. Komoditi Jati Dengan potensi Luas Lahan 40.000 Ha Dengan Produksi Sebesar 15.150 M3. Peluang investasi adalah pengembangan hutan kemasyarakatan/social forestry
2. Pinus Dengan potensi Luas Lahan 4000 Ha ; peluang investasi adalah pengolahan
3. Rotan Dengan potensi Luas Lahan 105.000 Ha Dan Produksi Sebesar 2000 Ton. Peluang investasi adalah pengolahan.

E. Sektor Pertambangan
1. Lempung : Seluas 29.300 Ha Atau Setara Dengan 24,5 M3 – Terdapat Di Kecamatan Tikep
2. Pasir Kwarsa Seluas 1160 Ha Atau Setara Dengan 35,2 Juta M3 – Terdapat Di Kecamatan Tikep. Peluang investasi yang dapat dikembangkan adalah usaha bahan baku kaca
3. Batu Gamping Seluas 92.600 Ha Atau Setara Dengan 24,4 Miliyar M3 Terdapat Di Kecamatan Tongkuno Dan Wakorsel. Peluang investsi adalah industri semen
4. Marmer Seluas 1.600 Ha Atau Setara Dengan 16,6 Miliyar M3 Terdapat Di Kecamatan Wakorumba Utara, Kulisusu Dan Bonegunu. Peluang investasi adalah batu dimensi dan kerajinan usaha kecil
5. Aspal Seluas 360 Ha Atau Setara Dengan 120,5 Juta M3 – Terdapat Di Kecamatan Wakorumba, Kulisusu, Dan Bonegunu. Peluang investasi adalah aspal alam dan aspal murni
6. Minyak Bumi (Masih Dalam Penyelidikan) Terdapat Di Kecamatan Kulisusu). Peluang investasi adalah minyak mentah

F. Potensi pariwisata
1. Taman Rekreasi Pantai Napabale Di Kecamatan Lohia
2. Ajang Perkelahian Kuda (Tradisional) Di Kecamatan Lawa
3. Pantai Walengkabola Di Kecamatan Tongkuno
4. Pantai Membuku Di Kecamatan Kulisusu
5. Pulau Labuna Tobelo
6. Layang-Layang Kabawo
7. Liangkobori Kecamatan Lohia

E.

Komentar»

1. ALIF BOY - Juli 31, 2010

sekiranya bila Masyarakat muna bs lebih jelih dlm mengembangkan ekonomi kerakyatan sy pikir pengangguran dimuna kan berkurang cm problem yg terjadi egala macam bentuk aset kabupaten muna di jadikan lahan panen tanpa musim bagi mereka yg memegang kekuasaan..!!

2. seven sultans - Mei 16, 2014

Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any suggestions on how to get listed in
Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
Cheers


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SEJARAH WUNA

" Pelajarilah Sejarah Bila Kamu ingn menguasai Dunia"

SOWITE : " Hansuru hansuru badha, sumano kono hansuru liwu, Hansuru hansuru ana liwu, sumano kono hansuru adhati- Hansuru hansuru ana adhati, sumano tangka agama "

Astrofiska DFSC

Astronomy And Physics Darul Falah Ctudy Club

PEMBELAJARAN GEOGRAFI

ASSALAMU'ALAIKUM

Snoring Dog Studio

Original Painting and Illustration and Comments on Life's Oddities

Todd Pack's Messy Desk

A blog about whatever comes to mind.

Gossip, Fast Fashion, Female Lifestyle, Sex & Love: CollegeCandy

Advice on student style, collegiate dating discussion guides, relationship advice and women's studies.

Broadside

Smart and surprising

Hey from Japan- or wherever the moving van arrives- Emily Cannell

Moving a Family When Everyone is Held Tightly in the Grips of Hormonal Fluctuations

F O O T B A L L I S T S

"Everything I know about morality and the obligations of men, I owe it to football." — Albert Camus..................... "If God existed, he would be a solid midfielder." — Aleksandar Hemon................……………...........................

The Adventures of Heidi Hefeweizen

tales of life, language & long-distance marriage by an American teacher in Germany

2Summers

An American in Quirky Johannesburg

Spot Share

This WordPress.com site is the bee's knees

Ankechuby's Weblog

Just another WordPress.com weblog

brainprojec

Semua pekerjaan di mulai dari otak

Rinomdn's Blog

Just another WordPress.com weblog

ryamelilea

Hidup sehat adalah hidup yang sebenarnya

Myslide Skateboard

Limited For Exclusive

Istiqomah di Atas Manhaj Salaf

Lau kaana Khairan Lasabaquuna Ilaihi

Muna An-NAdzyra^^

Kewajiban Seorang hamba lebih banyak daripada Waktu yang tersedia

Banjarnegara Bicara

From Banjarnegara To Indonesia

081394257824

les privat / autocad / sketchup

jhotasedjarah

Keajaiban terjadi pada orang yang percaya

Dinding Kreatif

Jangan Takut Untuk Sukses

Ramajani S

Menulis adalah membuat arsip kehidupan

GO ALLAH

Menuju Baitulloh Tanpa Kendala Biaya

Sneijdera D' Iniesta

Just for fun & share

Niswah Adzra Ghozi's blog

my dream,my work n my life

Oetoeh Koetatil

Just another WordPress.com site

Pembangunan Pasar Desa Cikijing

Dengan Sistim Swakelola Bertekad Menjadi Pelopor Pembangunan Berbasis Masyarakat

Blog Guru Fisika

Rudy Hilkya Hans E. Undjung, S.Pd, M.Pd di Palangka Raya - Kalimantan Tengah - Indonesia

nasimuddin_alkamal

Blog Pribadi

My Second World

Hope is a dream that doesn't sleep

PULAU MUNA TANAH YANG BERKAH

WITENO WUNA WITE BARAKATI

ghontohe

Just another WordPress.com site

tourwakatobi

Just another WordPress.com site

my alter-ARTIficial mind

Catatan-catatan amburadul tentang realita, mimpi-mimpi, dan apa saja yang mampu kutuliskan

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Business and investment

Investment,asset management operation

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 837 pengikut lainnya.